Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menginstall Gambas 3 pada Ubuntu12.04/Linux Mint 13 MAYA

Sekarang ada cara yang lebih mudah untuk menginstall Gambas 3 dibandingkan dengan mengkompilasi dari source. Ini tidak akan menjadi versi terbaru tetapi lebih baik daripada memulai dari sekarang dengan Gambas 2 yang cukup hanya mencapai akhir masa pakainya.


Seorang pengguna Gambas, bernama Kendek, telah menciptakan sebuah repositori yang bekerja dengan baik. Anda harus mengetahui sistem operasi(distro) yang digunakan untuk menemukan repositori ini. Saya melakukan ini pada Lubuntu 11.10 tapi saya kira proses bekerja pada setiap Oneiric derivative. Ada versi untuk versi Ubuntu sebelumnya (dan turunannya) yang dijelaskan di:

https://launchpad.net/~nemh/+archive/gambas3/+packages.

Salin alamat berikut ke clipboard atau file , Alamatnya adalah:

deb http://ppa.launchpad.net/nemh/gambas3/ubuntu precise main      


Pergi ke preference, software sources dan klik pada tab 'Other Software'. Klik tombol Add dan paste dari clipboard ke apt line . Klik pada add source dan masukkan password. Sekarang Anda akan melihat dua baris yang ditambahkan dalam tab 'other software'.

Tutup jendela. Yang memberitahu sistem operasi mana untuk mencari Gambas3 diinstal. Buka jendela terminal (Accessories, LXTerminal pada Lubuntu atau setara). Ketik:
$ sudo apt-get update   
$ sudo apt-get install gambas3    

Memberikan password dan paket Repositori Kendek akan diinstal. Anda kemudian dapat menjalankan Gambas 3 dengan 'gambas3' dari terminal atau menambah entri menu atau desktop icon.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menginstall Gambas 3 pada Ubuntu12.04/Linux Mint 13 MAYA"

Profit Blogger
INCOME BLOGGER