Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Android Nougat Terlengkap

Fitur baru dan keunggulan android Nougat - Halo semuanya, kita tahu bahwa nugget adala nama resmi Android N yang sebelumnya beredar rumor bahwa N adalah Nutella. Tapi baru-baru ini Android mengumumkan bahwa Nougat atau bahasa sininya nugget adalah nama resmi untuk Android N yang berada pada versi Android 7.0, 7.0.1, 7.1, 7.2, 7.3 dan seterusnya.

Sebenarnya Android melakukan update yang terus menerus dan dalam waktu cepat adalah karena ingin agar OS nya menjadi OS yang lebih baik, bagus, ramah pengguna dan juga aman, sehingga data kerahasiaan pengguna terjamin. Apalagi sekarang beberapa smartphone telah memiliki fitur-fitur dan spek yang handal sekaligus performa memukau.


Nama android dari a sampai z

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Android Nougat ini, saya akan sedikit memberi referensi kepada kalian mengenai urutan OS android.

Kita tahu bahwa tingkatan OS android dari terendah sampai tertinggi itu selalu menggunakan nama makanan yang manis-manis dan diawali dengan huruf abjad/alfabet yang berurutan seperti A...., B....., C....., D..... dan seterusnya. Namun karena pada awalnya Android belum menjadi milik Google, jadi pada pemberian nama dimulai dari alfabet C.

Inilah urutan versi android dari yang terbawah sampai tertinggi:

Android 1.0
Android 1.1+
Cupcake (1.5)
Donut (1.6)
Eclair (2.0–2.1)
Froyo (2.2–2.2.3)
Gingerbread (2.3–2.3.7)
Honeycomb (3.0–3.2.6)
Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
Jelly Bean (4.1–4.3)
KitKat (4.4+)
Lollipop (5.0+)
Marshmallow (6.0+)
Nougat (7.0+)

Nah sampai artikel ini ditulis, versi android tertinggi sekarang adalah nougat.

Android Nougat kelebihan dan kelemahan

Kita tau bahwa tidak selamanya yang diciptakan manusia itu memiliki kesempurnaan. Banya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama halnya dengan OS Android 7.0 nugget ini, ada beberapa hal yang berkaitan dengan ini.

Kelebihan Android N



Kita sampai saat ini belum tau secara persis seperti interface atau tampilan dari Android Nougat yang memukau kaya akan fitur atau lebih terkesan simple.

Namun dari pihak pengembang Android sendiri telah memberikan sedikit gambaran umum tentang Android Nougat. Inilah beberapa kelebihan Android Nougat tersebut, apakah memiliki keunggulan lebih baik dari Android marshmallow?

1. Fitur multitasking yang lebih baik

Sekarang jamannya ingin instans dan cepat, seperti untuk kebutuhan menulis SMS, Chatingan di BBM, WhatsApp, Line, buka sosial media Facebook, Twitter , browsing, belanja online, jual beli online. Dan tentunya untuk bisa membuat itu terpenuhi dalam 1 waktu, maka sangat diperlukan yang namanya kemampuan tugas banyak atau multitasking yang memadai.

Layar android Nougat memiliki tampilan lebih lebar seperti tampilan pada resolusi 5 inch ke atas. Jadi selain mempermudah dalam membaca menulis juga lebih baik dalam penambahan fitur multitasking seperti pada Windows.

2. Disisi proyek Google daydream

Project Google Daydream merupakan suatu proyek pengembangan teknologi berbasis VR atau Virtual Reality yang cuma menggunakan alat-alat yang ringan, kita seakan-akan berada dalam kondisi kenyataan yang ada di dalamnya.

Karena sudah dibuat platform VR, kemungkinan besar dalam Android Nougat itu memiliki kelebihan yaitu bisa digunakan untuk menikmati Virtual Reality. Tapi tentunya ada alat lain yang diperlukan seperti alat pada Oculus Rift atau alat semacam box teater itu.

3. Mode malam dioptimalkan

Mode malam atau istilahnya night mode merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk membuat layar meredup dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat baterai.
 
Mode malam dalam Android Nougat ini akan dibuat lebih baik dan mungkin bisa dilakukan secara otomatis. Misal saat hari telah gelap atau berada dalam kegelapan, maka otomatis smartphone Android Nougat akan memasuki mode malam.

4. Keamanan terjamin

Walaupun Android adalah salah satu Sistem Operasi Open Source atau terbuka, namun dalam segi keamanannya tidak main-main, karena keamanan pengguna juga bagian yang vital dan sangat perlu diperhatikan dengan betul-betul.

Apalagi sekarang jamannya internet yang semakin meningkat jumlahnya dan fiturnya, sehingga memungkinkan penyadapan bisa dilakukan oleh seorang hacker dan craker profesional. Jadi keamanannnya pasti lebih ditingkatkan lagi.

5. Proyek Svelte

Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki Android Nougat. Yang mana proyek ini bertujuan untuk memberikan performa terbaik pada smartphone walaupun minim RAM. Jadi bisa dibilang cara kerjanya adalah memanipulasi data agar lebih ringan dan tidak membebani RAM.

Selain itu, juga proyek ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi daya baterai. Jadi bisa membuat baterai irit hingga 300% atau 3 kali lipat. Apakah kelanjutan dari proyek ini selanjutnya?, Mari kita tunggu saja.

6. Bundled Notifikasi

Atau bisa disebut Notifikasi yang digabung dalam 1 aplikasi sehingga bisa kita atur sedemikian rupa. Hal ini bisa membuat kita tidak stres, ada notifikasi dari BBM kita buka, dari WhatsApp dan dari banyak lagi yang bisa mengakibatkan notifikasi lebih terorganisir dengan baik.

Tentunya kelebihan Android Nougat ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat kita tidak terlalu capek dalam melihat semua notifikasi yang mengganggu.



Kekurangan Android Nougat

Ada kelebihan pasti ada kelemahannya. Betul bukan?. Nah sampai saat ini diketahui secara pasti apakah kekurangan yang dimiliki oleh Android Nougat ini.

Tapi yang jelas, Android ini akan lebih mahal dari versi sebelumnya pada harga HP Android Nougat yang beredar nantinya.

Selain itu update yang terus menerus dalam waktu singkat akan membuat pengguna kecewa. Baru beli hp Android marshmallow udah ada update lagi Android Nougat. Apalagi nanti seterusnya. Akan lebih mengecewakan lagi apabila smartphone tersebut dapat di update ke versi lebih tinggi, sudah dowload firmwarenya besar, saat dipasang ada beberapa fungsi smartphone yang jadi gak berfungsi. Kan payah...

Demikianlah beberapa kelebihan Android Nougat yang bisa kita ketahui dan jarang dijumpai pada OS selain Android, dan juga kekurangan OS Android 7.0 yang tidak terlalu berpengaruh karena kelebihan yang dimiliki lebih besar lagi.

Tapi yang jelas spesifikasi Android Nougat ini bagus dan performa OK.

Tapi apakah ada HP Android Nougat murah, dibalik kelebihan Android v7.0 yang canggih ini? Kita tunggu saja nanti berapa saja harga Android N yang ada dipasaran Indonesia.

Karena biasanya harga di Indonesia akan membengkak jauh terhadap produk elektronik ini. Tapi bagi yang memiliki Smartphone yang mendapatkan update ke Android Nougat, silakan bisa kalian upgrade. Beberapa smartphone seperti Nexus, Samsung Galaxy S6, S7, A7 , Xiaomi, dan beberapa vendor lainnya juga sudah bisa update ke Android Nougat 7.0 ini.

Semoga pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Android Nougat ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Profit Blogger
INCOME BLOGGER